RSS

Wawancara Dina Sulaeman dengan Jurnalis Syria

27 May

Kajian Timur Tengah

Dina Y. Sulaeman*

wawancara1

 

 

Atas jasa seorang teman, saya terhubung dengan seorang jurnalis senior Syria. Atas seizin sang jurnalis, perbincangan saya dengannya saya tuliskan di sini. Namun untuk menjaga keamanannya, identitasnya tidak bisa diungkap. Foto yang saya saya taruh di sini pun saya samarkan pada bagian wajahnya. Kita sebut saja namanya Mr. As-Souri. Sebenarnya, pertanyaan yang saya ajukan kepadanya hanyalah sekedar konfirmasi atas apa yang sudah saya ketahui selama ini. Namun perbincangan ini memiliki nilai penting karena –dalam penelitian ilmiah dengan metode kualitatif—perbincangan saya dengannya bisa disebut sebagai ‘data primer’.

 

Dina [D] : Di kota mana Anda tinggal?
As-Souri [S]: di kota *****

D: Ah ya.. saya dengar kota itu. Itu daerah asal seorang ulama yang gencar menggerakkan aksi pemberontakan melawan pemerintah. Namanya ******* Apa pendapat Anda tentang dia?
S: Anda mau jawaban yang sebenarnya?

D: Tentu saja.
S: Dia pria yang buruk, pernah ada skandal seks. Lalu…

View original post 983 more words

 
Leave a comment

Posted by on May 27, 2013 in Technologi

 

Leave a Reply

 
